Skip to content

Bimbingan berkualitas melalui pembelajaran daring di Indonesia

Published on Mei 7, 2023

Pandemi COVID-19 telah mempercepat adopsi pembelajaran daring di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Dengan kondisi sekolah ditutup dan kelas tatap muka dibatalkan, para siswa diharuskan untuk mengandalkan pada pembelajaran daring guna melanjutkan pendidikan mereka. Banyak institusi sekarang menawarkan layanan mereka melalui platform digital. Dalam beberapa tahun terakhir, pembelajaran daring di Indonesia telah muncul sebagai cara yang nyaman dan efektif bagi siswa untuk mengakses pendidikan. Pandemi telah mengakibatkan jutaan anak Indonesia terpaksa melakukan perubahan dalam situasi pendidikan mereka, yakni dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring.

Menurut laporan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah siswa yang mengakses pembelajaran daring di Indonesia meningkat dari 23 juta menjadi 63 juta selama pandemi. Pergeseran menuju pembelajaran daring ini telah membuat pendidikan berkualitas dapat diakses oleh siswa dari seluruh wilayah Indonesia, tanpa memandang lokasi geografis atau latar belakang ekonomi mereka. Indonesia adalah salah satu negara di Asia dengan tingkat pertumbuhan e-learning tertinggi di Asia, diperkirakan akan mencapai 19.20 juta pengguna pada tahun 2026. Hal ini menyoroti pentingnya pembelajaran daring dalam memastikan bahwa siswa dapat melanjutkan pendidikan mereka, bahkan di masa-masa sulit.

Terlebih lagi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang memiliki beberapa program Merdeka Belajar yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Anindito Aditomo, Kepala Badan Standarisasi, Kurikulum, dan Penilaian Kementerian Pendidikan (BSKAP), menyatakan bahwa kurikulum dirancang sebagai kerangka fleksibel yang membebaskan instruktur, pendidik, dan siswa.

Keuntungan Pembelajaran Daring

manfaat pembelajaran online
  • Belajar dengan kecepatan sendiri
    Kenyamanan belajar dengan kecepatan sendiri memungkinkan siswa untuk mengambil waktu sebanyak yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas mereka tanpa stres atau kewalahan. Selain itu, ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas penjadwalan, yang memungkinkan siswa menyeimbangkan studi mereka dengan tanggung jawab lain. Mendorong siswa untuk mengendalikan pendidikan mereka dan menjadi lebih terlibat dalam proses pembelajaran dengan menumbuhkan rasa mandiri dan pengarahan diri sendiri.
  • Fleksibilitas
    Salah satu keuntungan terbesar dari pembelajaran daring adalah fleksibilitasnya. Siswa dapat mengakses pelajaran mereka kapan saja dan dari mana saja. Artinya, siswa yang tinggal di daerah terpencil, atau yang tidak mampu mengikuti kelas fisik, tetap dapat mengakses pendidikan yang berkualitas. Ini sangat berguna bagi siswa yang membutuhkan lebih banyak bantuan dengan bimbingan khusus karena memungkinkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu di area tersebut sampai semuanya siap.
  • Hemat biaya
    Siswa tidak perlu khawatir tentang membayar tempat tinggal atau pergi ke kelas karena mereka dapat belajar dari rumah mereka sendiri. Selain itu, dibandingkan dengan belajar konvensional, belajar daring dapat menawarkan pengurangan biaya sekolah. Untuk siswa yang mungkin memiliki anggaran terbatas, penghematan biaya ini sangat membantu. Keterjangkauan pembelajaran daring adalah manfaat utama yang meningkatkan akses dan keterjangkauan pendidikan untuk spektrum orang yang lebih luas.
  • Pengalaman belajar yang dipersonalisasi
    Pembelajaran daring menawarkan kepada siswa pengalaman dan aktivitas pendidikan yang dipersonalisasi yang selaras dengan kebutuhan mereka. Ini menggunakan alat multimedia interaktif seperti video, audio, kuis, dan analitik data untuk meningkatkan keterlibatan, partisipasi, dan retensi pengetahuan pelajar. Dengan mengembangkan rute pembelajaran yang dipersonalisasi untuk setiap siswa berdasarkan kekuatan dan keterbatasan unik mereka, pembelajaran daring mendorong keterlibatan siswa yang lebih tinggi dan hasil belajar yang lebih baik. Ini menjadikannya pengubah permainan bagi siswa yang membutuhkan bimbingan dan dukungan khusus untuk berhasil dalam pendidikan.
  • Mengurangi Tekanan Akademik
    Antara belajar terus-menerus dan rasa takut akan ujian, tekanan tambahan dari kompetisi akademik bisa membuat kewalahan. Untungnya, pembelajaran daring memberikan pendekatan pendidikan yang lebih fleksibel dan personal, yang dapat membantu mengurangi tekanan ini. Dengan lebih banyak kebebasan dan lebih sedikit penekanan pada kompetisi, siswa dapat mengabdikan diri sepenuhnya untuk studi mereka dan berhasil tanpa stres tambahan.
  • Klarifikasi Keraguan Segera
    Tidak seperti di ruang kelas konvensional, pembelajaran daring memungkinkan penyelesaian keraguan segera melalui interaksi waktu nyata dengan guru. Dukungan mentor yang dipersonalisasi yang disediakan oleh platform pembelajaran daring memungkinkan klarifikasi cepat, yang membantu siswa dalam belajar lebih efektif dan cepat dan tidak harus menunggu hari berikutnya untuk bertanya.

Sementara pembelajaran daring menawarkan beberapa manfaat, itu juga dilengkapi dengan tantangan dan keterbatasannya. Mengenai kualitas pembelajaran daring dan mendapatkan akses ke sana, kesenjangan digital, dan hambatan bahasa, siswa, guru, sekolah, dan orang tua menghadapi rintangan.

Tantangan dan Kelemahan Pembelajaran Daring di Indonesia

  • Kualitas Pembelajaran Daring:
    Meskipun platform pembelajaran daring Indonesia menyediakan banyak pilihan bimbingan dan materi pelajaran, kualitas pendidikannya mungkin berbeda secara signifikan. Hasil pembelajaran bagi siswa dapat dipengaruhi oleh bimbingan yang direncanakan dengan buruk atau kurangnya metode pengajaran yang efisien. Untuk memberikan siswa pengalaman belajar terbaik, pendidik harus terus menilai dan meningkatkan strategi pembelajaran daring.
  • Kesenjangan Digital
    Satu studi menunjukkan bahwa jumlah siswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran daring dan pertumbuhan pelajar baru mencapai lebih dari 50% secara nasional pada tahun 2021. Kesenjangan digital harus diatasi pada tingkat kemajuan ini karena membatasi banyak siswa mengakses pendidikan daring karena kurangnya infrastruktur dan teknologi yang penting. Pembatasan ini menghadirkan masalah serius, terutama di daerah pedesaan dan jauh di mana siswa mungkin tidak memiliki akses ke laptop, smartphone, atau konektivitas internet, yang dapat berdampak pada prestasi akademik mereka.

Platform yang dirancang dengan baik dan ramah pengguna yang menawarkan bimbingan dan sumber daya pendidikan terbaik bagi siswa diperlukan untuk memfasilitasi kelancaran transisi ke pembelajaran daring di Indonesia. Siswa harus dapat memperoleh pendidikan yang lebih baik dan mencapai tujuan akademik mereka dengan meningkatkan pengalaman belajar daring. Hal ini dapat dicapai dengan mengembangkan pembelajaran daring yang menarik dan menghibur, memberikan siswa kesempatan untuk berkomunikasi dengan guru dan teman sekelasnya, dan memberikan bantuan kepada mereka yang mengalami kesulitan dengan kesulitan lain seperti kendala bahasa. Digitalisasi dalam pendidikan membantu menutup kesenjangan pencapaian dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berhasil terlepas dari lokasi atau latar belakang mereka dengan strategi yang tepat.

Penguatan Pendidikan di Indonesia melalui Pembelajaran Daring

Jelajah Ilmu adalah platform pembelajaran daring di Indonesia yang menawarkan alat dan fitur lengkap untuk institusi pendidikan. Jelajah Ilmu mengadaptasi fitur-fitur berstandar internasional yang dapat dijelajahi, dipelajari, dan diajarkan secara daring oleh siswa dan guru dengan cara yang nyaman. Dengan berbagai fiturnya, Jelajah Ilmu bertujuan untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa di seluruh Indonesia terlepas dari lokasinya.

Jelajah Ilmu adalah solusi yang komprehensif untuk pembelajaran akademik secara daring untuk institusi pendidikan. Platform ini memungkinkan guru dan siswa untuk memimpin dan menghadiri kelas, mengirimkan dan menerima tugas, mengikuti dan menilai ujian, mengakses data yang dapat diandalkan tentang kinerja siswa, dan banyak lagi, semuanya dalam platform yang sama. Jelajah Ilmu juga menawarkan pembelajaran yang dipersonalisasi, dengan setiap siswa memiliki akses ke guru sekolah mereka yang dapat membimbing dan memberikan dukungan individual.

Selain itu, fitur pemantauan Siswa & Guru di platform ini memungkinkan para kepala sekolah untuk memiliki wawasan mendalam tentang performa akademik sekolah mereka yang sangat penting untuk pengambilan keputusan.
Dengan informasi login yang disediakan pihak sekolah, siswa dapat mengakses platform Jelajah Ilmu melalui website atau aplikasi mobile sehingga mudah dan nyaman untuk digunakan.

Bersama dengan Jelajah Ilmu, Acer for Education bekerja sama secara erat dengan para pendidik di sekolah untuk menyediakan perangkat digital yang dibutuhkan siswa untuk berkembang di dunia digital modern. Jelajah Ilmu menyediakan kursus pendidikan berkualitas tinggi yang diperkaya dengan koleksi eBook interaktif Intan Pariwara yang luas dengan fitur coretan, pencatatan & Autoread dan tips latihan terintegrasi untuk pembelajaran yang komprehensif & menyenangkan. Bersama-sama, entitas pembelajaran ini bersatu untuk menawarkan solusi pendidikan end-to-end yang dapat diakses oleh semua orang.

Untuk membantu menjembatani divisi digital dalam pembelajaran daring, Jelajah Ilmu membuat sumber belajar dapat diakses oleh siswa yang mungkin tidak memiliki akses ke infrastruktur dan teknologi yang diperlukan. Sekolah mengadopsi platform Jelajah Ilmu untuk pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia.

Pembelajaran daring telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan di Indonesia. Dengan bantuan platform seperti Jelajah Ilmu, siswa dapat mengakses pendidikan berkualitas dari rumah, sekolah, atau di mana saja. Pembelajaran daring menawarkan banyak manfaat, termasuk fleksibilitas, pembelajaran yang dipersonalisasi, dan aksesibilitas, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi siswa dari seluruh wilayah Indonesia. Dengan merangkul pembelajaran daring, siswa dapat melanjutkan pendidikan mereka, bahkan selama masa-masa sulit, dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih cerah.

Hubungi Kami