Rubah Gaya Hidupmu Dengan Tips Hemat Ini

268 views

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan agar bisa menabung di tahun ini.

Mungkin tahun lalu kamu banyak keinginan yang ga bisa terwujud,  misalnya kamu ga bisa liburan atau ga bisa belanja pada waktu diskon besar. Keinginan ini ga terwujud karena kamu selalu gagal menabung. Tahun ini seharusnya kamu memiliki cara lain agar bisa menjadi lebih baik di bidang keuangan.

Berikut cara mengubah gaya hidup agar kamu bisa menabung:

Pertama : Hentikan Kebiasaan Membeli

Saat merasakan ada dorongan untuk membeli sesuatu sebaiknya berhentilah selama beberapa detik dan tanyakan pada diri sendiri "apakah kamu benar-benar ingin dan membutuhkan ini"? Jika memang sudah dapat jawaban dan kamu masih ingin membelinya ya ga salah.

Intinya mulailah bangun kesadaran bila ada dorongan untuk membeli sesuatu dan yakinkan bagaimana perasaan kamu ketika kebiasaan itu muncul.

Apakah barang yang dibeli itu akan benar-benar bermanfaat atau hanya sekadar ingin saja jika sebenarnya memang ga terlalu dibutuhkan, tahan diri untuk ga membelinya. Berpikirlah secara nalar karena hal ini dapat membantu kamu untuk membuat keputusan yang lebih baik. Kamu pun lebih menyadari untuk apa uang yang dihabiskan tersebut.

Kedua : Belanja Cerdas

Ada banyak kesempatan bagi kamu untuk berbelanja lebih cerdas, dengan banyaknya mencari informasi yang tersedia saat ini. Caranya meliputi membeli barang secara online dan langsung antar, mencari diskonan di toko dengan cara membandingkannya. Kamu pun bisa membeli bahan makanan di suatu tempat yang lebih murah seperti pasar, membeli di toko diskon atau toko barang bekas.

Adapun selain itu kamu juga bisa membeli dalam jumlah besar, bekerjasama dengan orang lain untuk menerima diskon kelompok, menjangkau jaringan kamu di Facebook untuk mencari penawaran terbaik. Kamu bisa menukar waktu (bukan uang) untuk produk atau jasa. Jika hal ini penting maka kamu akan menemukan cara untuk berbelanja cerdas dan menyimpan uang lebih banyak.

Ketiga : Jangan Termakan Iklan

Kamu perlu membangun kesadaran bagaimana agar ga gampang termakan iklan dan tahan diri dari godaan iklan yang selalu membuatmu tertarik membelinya. Pemasaran dan iklan biasanya sangat lihai dalam hal meyakinkan orang untuk membeli produk, maka dari itu mulailah berpikir lebih bijak.

Apalagi iklan mudah sekali betebaran di media sosial. Belum lagi penjualan online di Instagram dan Facebook yang meledak. Kamu harus bisa menahan diri untuk ga mudah mengeklik beli, beli, beli. Belum lagi pembayaran makin mudah dan bisa kamu lakukan meski di depan monitor.

Keempat : Tanam Sayuran Sendiri

Jika memungkinkan apabila memiliki halaman atau taman yang cukup luas, tanamlah sayur atau tumbuh-tumbuhan di halaman rumah sendiri. Hal ini bukan saja membuat kamu bisa berhubungan dengan alam tapi juga tahu dari mana makanan kamu berasal. Cara ini diyakini lebih sehat untuk tubuh juga untuk kantong kamu.

Bila kebun kamu berhasil, akan banyak hal bisa teratasi. Misalnya harga lombok yang meninggi hingga mencapai Rp 100 ribu per satu kg. Kami bisa memetik dari kebun dan tetap mengecap pedas ketika yang lainnya mengeluh harga cabai di pasaran.

Kelima : Saling Berbagi

Maksudnya dalam hal peralatan untuk keperluan rumah.  Misalnya dengan tetangga, teman atau keluarga dekat. Seperti saat butuh tangga untuk membetulkan genteng bocor, bor untuk memaku dinding jika nggak punya bukan berarti kamu harus membelinya saat itu juga.

Barang tersebut juga jarang digunakan dengan saling berbagi. Percayalah kamu bisa melakukan penghematan. Begitu pula ketika ada tetangga atau teman butuh, kamu bisa meminjamkannya kepada mereka jika ada memang memiliki peralatan tersebut.

Keenam : Berhemat

Saat punya uang, kebiasaan orang biasanya ingin membeli barang-barang yang sudah ada meski ga dibutuhkan. Mungkin kamu punya TV ingin beli yang lebih besar, ingin ganti mobil, beli kulkas atau mesin cuci baru. Jika memang barang yang lama masih bagus dan bisa digunakan sebaiknya ga perlu membeli sesuatu yang baru karena mengikuti keinginan dan nafsu semata.

Ketika berhemat, pastinya kamu ga kehilangan apa yang sudah kamu punya. Uang yang ada saat ini lebih baik ditabung dan pasti suatu saat akan berguna. Entah untuk hal darurat atau dipakai saat memasuki usia pensiun.

Ketujuh : Berjalan atau Gunakan Transportasi Umum

Ubah kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi saat ke kantor atau ke tempat terdekat. Misalnya ingin beli minum atau pergi ke mesjid jika memang masih bisa dijangkau kamu bisa jalan maupun naik sepeda. Saat ke kantor yang biasanya mengendarai mobil cobalah untuk gunakan transportasi umum.

Kebiasaan bersepeda ke kantor memang ga seramai dulu. Kebiasaan sehat ini mulai disepelekan dan ga banyak yang melakukan hal ini. Penghematan dengan cara ini bisa membantu kamu menyimpan uang pada bensin, parkir, tol dan lain-lain.

Kedelapan : Putus Langganan Bulanan yang Ga Terpakai

Putuskan langganan atau keanggotan yang nggak terpakai dan dibutuhkan.  Seperti gym, fitness atau tv kabel langganan yang memang sudah jarang kamu gunakan. Karena tentu saja jika masih dilanjutkan hanya membuang uang kamu dengan percuma.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi kreatif dan lebih hemat sehingga memungkinkan hidup kamu jadi lebih nyaman. Cara itu hanya sebagian saja. Kamu bahkan mungkin menyadari bahwa nggak perlu uang sebanyak yang kamu pikir sebelumnya untuk hidup nyaman.

Supaya bisa menabung tahun ini, mulailah berpikir lebih nalar saat ingin mengeluarkan uang. Karena hal ini akan lebih menjamin hidup dan keuangan kamu di masa depan. Sebab dengan memiliki tabungan kamu memiliki banyak kemudahan.

 

Demikian ulasan mengenai Rubah Gaya Hidupmu Dengan Tips Hemat Ini yang dapat sobat baca dan simak di Jelajah Ilmu! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Rubah Gaya Hidupmu Dengan Tips Hemat Ini" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Jelajah Ilmu unuk mendapakan Berisikan tentang semua ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Leave a reply "Rubah Gaya Hidupmu Dengan Tips Hemat Ini"

Author: 
    author