Cari Tau Cara “Ransomware” Menginfeksi Komputer Sebelum Terlambat.

142 views

jelajahilmu.com - Semakin canggih teknologi, maka semakin canggih juga cara-cara orang yang tidak bertanggungjawab dalam melakukan aksinya. Maka dari itu perlu kita ketahui terlebih dahulu sebelum terjadi pada kita. Begini cara program jahat (malware) jenis ransomware yang "menyandera" atau mengunci data di komputer pengguna dan meminta uang tebusan, semakin banyak beredar.

cara kerja ransomware

Dalam aksinya setelah berhasil menginfeksi komputer korban, pembuat ransomware memanfaatkan teknik social engineering, yakni menipu pengguna dengan cara tertentu sehingga terjebak mengunduh program jahat. Ransomware beredar melalui e-mail tipuan (phising) bermuatan script yang bisa mengunduh file dari server milik penjahat cyber begitu diklik.

Supaya meyakinkan, e-mail phising yang dikirim pembuat ransomware biasanya disamarkan seolah-olah datang dari pihak resmi seperti bank atau penyedia kartu kredit. Bisa juga dengan iming-iming bahwa penerima telah memenangkan hadiah. Setelah tautan dalam e-mail di-klik, komputer secara otomatis akan mengunduh ransomware dan menghubungi server command and control milik hacker yang bersangkutan. Data pengguna pun akhirnya tersandera. (baca juga: Ini Dia Daftar No.7 Versi Windows yang Aman Terkena Ransomware WannaCry)

Pihak Vaksincom menuturkan bahwa selain script seperti Java dan VBS, pembuat ransomware belakangan kerap memanfaatkan fitur Macro di software Microsoft Office untuk menyusupkan program jahat buatannya. "Karena itu, sebaiknya matikan fitur Macro di Office kalau sedang tidak dipakai," ujar Alfons. Ada juga ransomware yang mendompleng aplikasi tune-up PC. Aplikasi jenis ini biasanya banyak bertebaran di jagat maya dan menjanjikan peningkatan performa untuk komputer pengguna.

Situs web yang tingkat keamanannya lemah juga bisa dijadikan sasaran oleh ransomware untuk menginfeksi komputer pengunjung. "Biasanya kemudian ransomware mencari celah di komputer pengguna -misalnya vulnerability di software Adobe Flash- untuk menginjeksikan diri," tutur Alfons.

Cara mencegah

Begini caranya semoga dapat membantu, cara agar data dalam komputer aman dari penyanderaan ransomware yaitu bahwa pengguna bisa melakukan langkah-langkah pencegahan yang umum diterapkan untuk menghalau malware pada umumnya.

  1. Pertama, semua pengguna segera memasang software antivirus dan anti-malware terpercaya di komputer dan senantiasa memperbarui database signature agar mampu menangkap virus/ransomware terbaru.
  2. Kedua, software lain seperti sistem operasi Windows juga harus diupdate setiap ada kesempatan. Ini karena pembuat software biasanya akan menyalurkan patch secara reguler untuk menambal celah keamanan yang ada di produknya.
  3. Ketiga, bagi semua pengguna sosial media mesti waspada agar tidak terjebak pancingan social engineering. Contohnya dengan tidak membuka e-mail yang mencurigakan atau mengunjungi website yang identitasnya tidak jelas. Jangan lupa pula untuk menon-aktifkan Macro di Office apabila tidak dipakai seperti tersebut di atas.
  4. Keempat, yang terakhir merupakan satu langkah dasar yang sangat penting adalah biasakan backup data, karena tidak ada software antivirus atau anti-malware yang benar-benar bisa menjamin keamanan pengguna seratus persen.

    Apabila Anda memiliki backup di cloud storage atau media macam harddisk eksternal, maka pengguna setidaknya akan memiliki cadangan apabila data di komputer utama terserang ransomware.

Demikian semoga dapat membantu, share jika bermanfaat. 🙂

baca juga:

Kemunculan Asus Zenfone 4 Kamera Ganda X00ID di GFXBench dengan Spesifikasi Berbeda

Ini dia spesifikasi dan harga Nokia 3310 “Reborn”

Tags: #cara mencegah ransomware #ransomware #ransomware adalah

Demikian ulasan mengenai Cari Tau Cara “Ransomware” Menginfeksi Komputer Sebelum Terlambat. yang dapat sobat baca dan simak di Jelajah Ilmu! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Cari Tau Cara “Ransomware” Menginfeksi Komputer Sebelum Terlambat." tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Jelajah Ilmu unuk mendapakan Berisikan tentang semua ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Leave a reply "Cari Tau Cara “Ransomware” Menginfeksi Komputer Sebelum Terlambat."

Author: 
    author