Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula Secara Lengkap

31 views

jelajahilmu- Pelihara burung saat ini sudah menjadi  salah satu hobby untuk beberapa orang Indonesia. Walau demikian tidak semua orang yang memakai hobby nya itu untuk dijadikan ladang uang. Ternak murai batu sudah menjadi salah satu diantara kesempatan usaha yang begitu prospek, kenapa? lihat keinginan pasar yang saat ini selalu bertambah, serta penangkar yang dapat disebut kuwalahan. Belum juga aspek keindahan dari penampilan fisik burung ini. Burung murai batu ini bisa jadikan jadi tempat usaha yang begitu menjanjikan. Karna burung murai batu memiliki nada kicau yang merdu, bermelodi, serta beragam.

Peternak Murai Batu, baik itu coba-coba, maupun bila anda menginginkan jadi peternak profesional untuk jadikan jadi sumber pendapatan, sesungguhnya tidak sangat susah. Prasyarat paling utama untuk dapat beternak Murai Batu yaitu mempunyai tekad, ulet, tekun, serta sedikit bakat. Ternak murai batu ini sesungguhnya bila Anda menginginkan coba jadi ternak murai yang begitu unggul dalam bagiannya, tentu Anda juga akan dapat nikmati hasil jerih yang dapat Anda lakukan dengan semaksimal mungkin saja. Satu waktu Anda dapat hasilkan dana dari ternak burung murai.

Apakah Anda tertarik untuk memulai ternak murai batu?

Baiklah, kami akan mengupas secara lengkap tentang Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula Secara Lengkap. Berikut penjelasannya :

1. Memastikan Tempat Kandang Murai Batu

Pertama, yang perlu anda kerjakan yaitu memastikan tempat kandang murai batu. Kandang mempunyai peranan untuk mempermudah peternak murai batu dalam pemberian pakan, minum, pengelolaan kotoran, serta perkawinan.

Peletakan kandang penangkaran murai batu begitu terkait erat dengan kesuksesan penangkaran. Kandang yang salah juga akan mengakibatkan murai batu tidak ingin bertelur.

Biasanya tempat penangkaran murai batu ada di luar tempat tinggal, seperti di samping tempat tinggal maupun perkarangan tempat tinggal. Aspek perlu yang perlu di perhatikan yaitu tempat yang jadikan kandang suasananya cukup tenang serta tidak sering ada masalah yang bermakna.

2. Menetukan Ukuran Kandang Murai Batu

Ukuran kandang murai batu butuh di perhatikan karna juga akan beresiko pada kesehatan serta produktivitas murai batu itu. Ukuran kandang yang sangat besar bisa mengakibatkan murai batu sangat banyak terbang hingga dayanya banyak digunakan untuk bergerak dari pada untuk berproduksi.

Sedang bila kandang sangat kecil bisa mengakibatkan murai batu stress hingga bisa menggangu reporoduksi murai batu.

  • Kandang ukuran kecil : 60 cm x 60 cm x 60 cm (panjang x lebar x tinggi)
  • Kandang ukuran tengah : 100 cm x 200 cm x 200 cm (panjang x lebar x tinggi)
  • Kandang ukuran besar : 200 cm x 200 cm x 300 cm (panjang x lebar x tinggi)

3. Perlengkapan Pendukung Kandang Murai Batu

Peralatan kandang murai batu memiliki peranan untuk mensupport pemeliharaan burung di penangkaran. Kandang penangkaran murai batu mesti diperlengkapi sarang pendukung yang lain, seperti tenggeran, bahan sarang, serta sarang murai batu.

Peralatan kandang yang lain yang perlu disiapkan yaitu tempat pakan serta tempat minum murai batu.

Untuk tempat bersarang, peternak murai batu bisa memakai barang sisa seperti baskom plastik yang kecil, kuali sisa, anyaman bambu, serta tempat nasi. Baiknya manfaatkanlah anyaman bambu, karna bisa memberi rasa sejuk hingga buat murai batu nyaman bertelur serta mengeram.

Untuk tenggeran, tempatkan didalam kandang dengan tempat yang pas hingga tidak mengganggu keleluasaan murai batu untuk melakukan aktivitas. Butuh di perhatikan, tenggeran yang dipakai untuk perkawinan baiknya tidak asal-asalan.

Type, ukuran, serta penempatannya mesti dihitung. Tambah baik memakai tenggeran dengan bahan kayu yang berdiameter 0, 15 – 0, 2 cm.

Untuk tempat pakan serta tempat air minum, baiknya kebersihannya senantiasa dijaga serta tidak tercemar bahan kimia sebelumnya dipakai. Letak tempat tempat makan atau tempat minum sebisa-bisanya gampang diliat oleh murai batu serta sama-sama berdekatan. Tambah baik sekali lagi bila ditambah wadah untuk tempat mandi burung murai batu.

baca juga: CARA PRAKTIS BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR CEPAT BERHASIL

4. Langkah Melindungi Kebersihan Kandang Murai Batu

Melindungi kebersihan kandang murai batu adalah aspek terutama untuk kesuksesan dalam membudidayakan murai batu. Dengan tingkat kebersihan yang terbangun, timbulnya bibit penyakit serta hama pasti dapat diminimalkan.

Dan burung murai batu juga akan terasa tambah nyaman hingga terlepas dari serangan stress yang disebut penyebab timbulnya beragam penyakit pada murai batu.

Panduan perawatan kandang murai batu :

  • Bersihkan tempat pakan serta minum sehari-hari.
  • Tiap-tiap pagi, pakan serta air minum mesti senantiasa ditukar dengan yang baru. Sisa air minum atau pakan yang belum juga habis mesti dibuang.
  • Sehari-hari, tempat penampungan kotoran burung murai batu mesti dibikin bersih serta kotorannya dibuang ke tempat spesial.
  • Tiap-tiap 1 minggu sekali, sekurang-kurangnya sangkar dibikin bersih keseluruhannya.
  • Sesudah kotoran dibuang, sangkar dapat dicuci lantas disterilkan dengan disinfektan serta obat antikuman, dan dikeringkan di bawah cahaya matahari.
  • Tempat tenggeran burung murai batu harus juga dibikin bersih minimum empat hari sekali.

5. Langkah Pemberian Pakan Murai Batu

Pakan adalah satu diantara aspek terutama dalam beternak murai batu. Murai batu memerlukan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesibukan serta produktivitasnya.

Supaya nutrisi tercukupi, murai batu butuh diberi pakan yang fresh serta beragam. Pemberian vitamin untuk murai batu juga butuh. Pakan burung murai batu dapat berbentuk pakan alami, pakan buatan, atau pakan kombinasi pada pakan buatan serta pakan alami.

Pemberian pakan ekstra juga dibutuhkan untuk mendongkrak perkembangan serta tingkatkan system kebal badan burung murai batu. Umumnya pakan ekstra yang didapatkan berbentuk jangkrik, cacing, ulat hongkong, orong-orong maupun belalang.

Dalam sehari rata-rata burung juga akan memerlukan air minum sejumlah 4 – 5 kali jumlah pakannya. Air begitu diperlukan oleh burung murai batu ini untuk sistem metabolisme badan, termasuk juga mengatur suhu badan, menjaga keseimbangan volume dalam darah, serta memperlancar dalam sistem pencernaan.

Diluar itu, air minum yang didapatkan baiknya air yang telah masak agar lebih steril serta meminimalkan parasit yang dapat mengganggu kesehatan burung murai batu.

  • Pakan Alami Murai Batu
    Murai batu termasuk juga type burung karnivora atau pemakan daging. Di habitat aslinya, pakan burung murai batu yaitu beberapa jenis serangga seperti semut rangrang serta ulat.
  • Kroto Pakan yang Disenangi Murai Batu
    Walau sedikit mahal di market, koroto tetaplah jadi pilihan yang paling baik untuk pakan burung. Selain gizinya yang begitu tinggi, telur semut rangrang ini memanglah jadi makanan favorite untuk pengagum burung berkicau terutama untuk burung murai batu.
  • Voer Spesial Burung
    Voer spesial burung umum di gunakan jadi pakan untuk burung kicau. Terdapat beberapa jenis type serta merk voer burung yang berada di market ini. Pemakaian voer jadi pakan burung memanglah tambah lebih praktis serta harga nya juga murah.

6. Langkah Perkembangbiakan Murai Batu Dengan Poligami

Perkembangbiakan murai batu dengan berpoligami mempunyai tujuan untuk menghemat indukan jantan. Yang lebih hebatnya sekali lagi, dalam satu kandang bisa di isi 1 ekor pejantan serta 7 ekor betina.

Sebagian pertimbangan dalam mengaplikasikan perkembangbiakan dengan poligami :

Bisa menghemat indukan jantan, terutama untuk indukan jantan yang betul-betul berkwalitas.
Bisa tingkatkan jumlah produksi atau anakan murai batu.
Bisa menghemat cost kandang yang dipakai.
Mempermudah perawatan serta pengontrolan.

Kriteria Sebelumnya Lakukan Perkembangbiakan Dengan Poligami :

Memasukkan calon induk betina dalam kandang. Betina yang dimasukkan mesti berusia lebih kurang 1 th. atau telah siap dikawinkan. Lalu input 2 ekor betina serta biarlah sepanjang 2 minggu untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang baru.

Kemudian input murai batu jantan dengan kandangnya kedalam kandang betina. Ini mempunyai tujuan menghindar penyerangan murai batu jantan pada 2 ekor betina itu. Jadi mesti menyesuaikan dahulu sepanjang lebih kurang 1 minggu.

Tunggulah hingga burung betina birahi. Umumnya burung betina juga akan bersiul-siul serta mendekati sangkar jantan. Saat burung jantan serta betina telah sama-sama berdekatan, jadi ini lah waktu yang pas untuk melepas murai batu jantan dari sangkarnya.

7. Langkah Menjaga Anakkan Murai Batu

Saat pemeliharaan anakan murai batu di saat masih tetap kecil ini adalah begitu dibutuhkan. Serta ada banyak hal yang perlu Anda kenali dalam ternak burung murai terlepas dari kematian. Di bawah ini langkah perawatan anakan murai batu.

Hal pertama yang perlu Anda cermati yaitu saat murai batu tengah menetas Anda mesti menyimak perilaku induk murai batu, bila induk dapat memberi pakan dengan baik, se dapat mungkin saja kita mesti memberikan pakan serangga seperti jangkrik serta kroto supaya tercukupi gizi pada anakan murau batu.

Hal yang ke-2 yaitu saat induk tengah menyimpang, umumnya pada induk ada pula yg tidak sukai dengan anaknya mungkin saja induk jantan atau betina buang anaknya dari sangkar itu. Pemecahannya seperti apa? Langkah awal yaitu ambillah anaknya terlebih dulu kemudian kita rawat sendiri.

Saat menjaga murai batu anakan dalam berusia 5 hingga 7 hari kita mesti ambillah pada sangkar nya. Jadi kita mesti mencari tempat yang hangat untuk murai batu anakan seperti kardus dapat pula dengan sangkar incubator ini adalah untuk melindungi suhu udara, karna anakan begitu rawan dengan suhu udara luar.

Anda mesti memberi pakan alami seperti kroto dapat pula degan memakai jangkrik yang digabung dengan voer halus. Kerjakan dengan memberi pakan satu hari minimum 3 hingga 5 kali sesuai sama kondisi burung yang masih tetap lapar atau tidak. Kita mesti terasa burung itu membutuhkan gizi yang demikian banyak terlebih pada anakan.
Langkah pada pemeliharaan pada anakan dapat pula jadi alternatif supaya induk cepat di produksi kembali. Karna sifat induk murai batu yang gampang birahi untuk di produksi, biasanya kurun waktu 1 hingga 2 minggu anakan murai diambil induk serta dapat membenahi pada sangkar kembali untuk bertelur.

Saat perawatan makanan pada anakan hingga burung itu dapat menelan dengan sendirinya, dari mulai voer basah hingga kevoer yang kering.

8. Langkah Memandikan Murai Batu

Murai batu harus juga seringkali dimandikan supaya kesehatan serta kesehatan badan murai batu bisa terbangun. Diluar itu, memandikan murai batu juga percepat sistem perubahan bulu-bulunya serta juga akan merangsang tumbuhnya bulu-bulu baru.

Sebagian Langkah Memandikan Murai Batu :

Memasukan tempat mandi kedalam sangkarnya atau mungkin dengan langkah mengubahkan burung ke sangkar beda yang memiliki ukuran semakin besar serta didalamnya telah disiapkan seperti bak mandi. Ukuran bak mandi yang baik untuk murai batu yaitu panjang 17 cm, lebar 10 cm, serta kedalaman 6 cm.

Menyemprotkan air dengan menggunakan sprayer yang semprotannya dapat ditata. Langkah penyemprotan tidak bisa segera tentang badan burung karna dapat mengakibatkan kerusakan bulu murai batu. Jadi baiknya menyemprotkan air ke atas sisi sangkar, hingga air sedikit untuk sedikit membasahi badan murai batu.

Saat yang paling baik untuk memandikan burung yaitu pada pagi hari pada jam 07. 00 – 10. 00. Karna pada saat ini begitu baik untuk kesehatan burung. Burung murai batu dapat juga mengerikan badannya dengan prima karna cahaya matahari.

9. Langkah Menjemur Murai Batu

Saat untuk menjemur murai batu yaitu pada jam 07. 00 – 10. 00 pagi saat cahaya matahari belum juga demikian panas serta menyengat. Untuk waktu penjemuran umumnya pada 20 menit – 60 menit.

Tetapi dapat pula lebih lama dari pada itu. Sebenernya bergantung pada keadaan cuaca, keadaan burung, serta maksud yang menginginkan diraih. Penjemuran juga tidak bisa sangat lama dalam suhu yang sangat panas.

Karna penjemuran yang sangat panas serta sangat lama bisa menyebabkan burung murai batu mati.

10. Perhitungan Modal dan Keuntungan Ternak Murai Batu

Modal Usaha

  • Sepasang Murai Medan Rp 17.000.000
  • Sepasang Murai Lampung Rp 15.000.000
  • 2 Murai Nias Ekor Hitam @Rp 1.250.000 = Rp 2.500.000
  • 2 Murai Betina Medan @Rp 1.500.000 = Rp 3.000.000
  • Pembuatan Kandang dari bahan batako ukuran 5 x 2 x 2 m Rp 15.000.000
  • Pembuatan Inkubator Rp 3.000.000

Total : Rp 55.000.000

Biaya Operasional Setiap 4 Bulan

  • Penyusutan kandang 120 hari : 15.000.000 x 4/120 = Rp 500.000
  • Penyusutan Inkubator 60 hari : 3.000.000 x 4/60 = Rp 200.000
  • Pakan voer 12 bungkus @Rp 20.000 = Rp 240.000
  • Jangkrik 3 karung @Rp 50.000 = Rp 150.000
  • Kroto 3 kg @Rp 100.000 = Rp 300.000
  • Bayar perawat Rp 450.000
  • Total : Rp 1.750.000

Pemasukan Penjualan Selama 4 Bulan

  • 2 Pasang Murai Batu Medan Rp 10.000.000
  • 2 Pasang Murai Batu Lampung Rp 3.000.000
  • 2 Pasang Murai Batu Nias Medan Rp 5.000.000
  • 20 Trotolan Anakan Usia 3 Bulan @Rp 1.000.000 = Rp 20.000.000
  • Laba 4 Bulan

Biaya Penjualan – Biaya Operasional

Rp 30.000.000 – Rp 1.750.000 = Rp 28.070.000

Ada berbagai jenis Murai Batu yang ada di sekitar kita,diantaranya ada murai batu Aceh, murai batu Medan, murai batu Kalimantan, dan murai batu Lampung. Maka kamu harus tentukan sendiri mau memulai ternak murai batu jenis apa.

Demikianlah pembahasan yang begitu singkat tentang Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula Secara Lengkap. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya yang akan menekuni usaha ini. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata pada kami.

Incoming search terms:

Tags: #Ternak Burung Murai Batu borneo #Ternak Burung Murai Batu ekor panjang #Ternak Burung Murai Batu malaysia #Ternak Burung Murai Batu Medan #Ternak Burung Murai Batu medan super #Ternak Burung Murai Batu nias #Ternak Burung Murai Batu super

Demikian ulasan mengenai Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula Secara Lengkap yang dapat sobat baca dan simak di Jelajah Ilmu! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula Secara Lengkap" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Jelajah Ilmu unuk mendapakan Berisikan tentang semua ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Leave a reply "Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula Secara Lengkap"

Author: 
    author