CARA PRAKTIS BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR CEPAT BERHASIL

69 views

Jelajahilmu - Hallo kicau mania, pada kesempatan ini kami ingin berikan sedikit pengalaman terkait ternak burung cucak hijau. Cucak hijau atau cucak ijo merupakan salah satunya burung kicau yang banyak disukai oleh banyak penggemar burung kicau. Cucak ijo punya warna menawan (hijau) serta suaranya juga unik. Karakter petarung (fighter) seperti menambah garang burung berwarna hijau ini.

CARA PRAKTIS BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR CEPAT BERHASIL

Dikarenakan fans cucak hijau yang saat banyak, jadi tidak cuman memeliharanya buat koleksi serta lomba, cucak hijau juga punya prospek yang bagus apabila dikembangbiakkan atau diternakkan. Tidak cuman langkah beternak cucak hijau yang termasuk tidak sukar, harga jual CH ini juga cukup tinggi. Jadi, tidak cuman untuk kesenangan, dikarenakan kesukaan pelihara burung cucak hijau anda juga juga dapat menernaknya. Dari kesukaan  juga sanggup hasilkan pundi-pundi pemasukan yang tidak sedikit. Namun, dalam beternak cucak hijau anda mesti nyata-nyata rajin, sabar, terus-menerus, serta rasa pengen belajar yang kuat.

Nah oleh karena itu kami di kesempatan ini dapat sharing anjuran untuk anda yang pingin mulai beternak cucak hijau biar sukses. Segera saja inilah merupakan beberapa langkah bagaimana beternak cucak hijau biar sukses :

  1. Penentuan indukan cucak hijau

    Yang pertama yang penting anda lakukan persiapan merupakan menentukan indukan cucak hijau yang memiliki kualitas bagus. Indukan yang memiliki kualitas bagus dapat berefek positif bagia anda dikarenakan sanggup hasilkan keturunan atau anakan yang memiliki kualitas juga. Dalam menentukan indukan cucak hijau, simak tip-tips inilah :

    - Indukan kacer jantan berumur diatas 2 th..
    - Indukan kacer betina berumur diatas 1 th..
    - Keadaan kesehatan cucak hijau mesti bagus.
    - Indukan mesti lincah.
    - Gacor/rajin berkicau untuk cucak ijo jantan.
    - Tdk cacat fisik.
    - Punya tubuh yang seirama (besar serta panjang).
    Buat tipe cucak hijau terserah anda (bisa dari blora, sumatera, banyuwangi, atau jember).

    Nah, untuk anda yang masihlah susah membedakan cucak hijau jantan serta betina, silahkan anda baca disini.

  2. Sistem penjodohan

    Sehabis anda tuntas menentukan indukan jantan serta betina cucak hijau, seterusnya merupakan sistem penjodohan indukan. Dalam menjodohkan cucak hijau, ada banyak susah lebih-lebih sulitnya bikin jantan serta betina berjodoh. Buat menangani itu, inilah kami kasih anjuran serta tehnik menjodohkan indukan cucak hijau :

    - Masukan indukan cucak hijau jantan dalam sangkar dalam kandang.
    - Selanjutnya masukan indukan cuak hijau betina dalam sangkar ke kandang.
    - Dekatkan ke dua indukan tapi tidak serupa sangkar.
    - Tunggulah reaksi ke dua indukan kacer itu apakah udah nampak rukun atau belum pula.
    - Anda dapat memanfaatkan sekat/papan diantara sangkar jantan serta betina.
    - Buat mengerti udah jodoh atau belum pula anda tinggal buka sekat.
    - Beberapa ciri indukan cucak hijau udah rukun merupakan cucak hijau jantan senantiasa berkicau sembari mendekat ke betina, serta si betina meresponnya dengan turun ke basic sangkar sembari berkicau unik cucak hijau betina/ngepler-ngepler.

    Seandainya belum pula jodoh, rata-rata betina dapat menghindar serta cuek terhadap cucak hijau jantan.
    Sistem penjodohan indukan cucak hijau dapat saja cepat (lebih kurang 1-2 minggu) tapi dapat juga hingga 1 bln.. Segala terkait dari keadaan birahi keduanya.

  3. Kandang penangkaran serta sarang cucak hijau

    Buat kandang penangkaran/peternakan cucak hijau tidak serupa dengan kandang hariannya. Selagi beternak cucak hijau anda perlu kandang yang lebih luas serta nyaman biar CI jantan serta betina cepat kawin serta bertelur. Inilah wejangan dari kami buat kandang beternak cucak hijau berdasarkan banyak peternak CI yang udah sukses :

    - Tinggi kandang 2, 5 mtr..
    - Lebar kandang 3 mtr..
    - Didalam kandang diposisikan pohon pohon yang teduh seperti pohon belimbing, sawo, mangga, atau pohon beda yang teduh.
    - Siapkan tempat pakan
    - Siapkan tempat minum
    - Siapkan karamba atau tempat mandi
    - Siapkan tangkringan
    - Sarang dapat memanfaatkan batok kelapa yang dibelah.

    Buat beberapa bahan bikin sarang cucak hijau, anda cukup memanfaatkan daun cemara/pinus atau dapat juga dengan merang. Beberapa diposisikan didalam kotak/gelodok buat merangsang cucak hijau selekasnya bikin sarang, sebagian sekali lagi diposisikan di basic kandang.

    Baca juga: Cara Beternak Burung Jalak Suren Dengan Mudah

  4. Pakan

    Buat beternak cucak hijau perlu pakan yang tdk seperti perawatan harian dikarenakan kepentingan dapat nutrisi terang tambah banyak dari rata-rata. Pakan selagi penangkaran mesti tambah banyak dari hari umum, seperti voer, cacing, serangga, serta buah-buahan. Yang terutama merupakan konsumsi gizi buat indukan cucak hijau mestinya seimbang serta ingat buat memberikannya multivitamin didalam air minumnya. Lebih dari satu kandungan nutrisi yang diperlukan cucak hijau selagi reproduksi anatar beda mineral, kalsium, vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C serta K3 ; zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid, serta Ca-D Pantothenate.

  5. Periode pengeraman

    Dalam periode pengeraman, indukan cucak hijau perlu kenyamanan serta ketenangan di kandang serta lebih kurang kandang. Yakinkan tiada masalah tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau parasit. Saat pengeraman cucak hijau lebih kurang 14 hari (2 minggu), serta daya tetas telur terkait dari keadaan lingkungan serta betina tersebut. Jadi wejangan, pada waktu periode mengeram kurangilah memberikannya EF dikarenakan sanggup bikin cucak hijau agresif serta birahi tinggi serta dapat berefek tidak baik pada telur yang dierami. Sebelum saat telur menetas (lebih kurang 2 hari sebelum saat menetas) perbanyaklah berikan EF serta ingat siapkan kroto. Diamkan indukan cucak hijau berikan makan anakannya dengan koroto, dikarenakan kroto baik buat anakan cucak hijau yang baru menetas.

  6. Periode meloloh anakan cucak hijau

    Pada waktu anakan cucak hijau berumur 5-10 hari, anda dapat mengambilnya/disapih buat diloloh sendiri. Jangan sampai ambillah anakan cucak hijau sebelum saat berumur 5 hari, tapi jangan lantas lebih dari 10 hari. Anda dapat menaruh anakan cucak hijau didalam wadah apa saja, yang terutama merupakan ada landasan bahan yang sama seperti yang ada pada sarang diawalnya. Dapat dengan kapas, atau bisa saja dengan merang serta daun cemara/pinus. Letakkan wadah itu dalam box. Buat merawat kehangatan anakan cucak hijau, pakailah lampu didalam box.

    Pakan yang kami anjurkan buat anakan cucak hijau berumur 5-10 hari merupakan kroto yang bersih (bebas kotoran serta bangkai semut). Suapkan kroto itu dengan alat penjepit dari bambu/alat beda dengan cara pelan. Ingat buat meneteskan sedikit air ke kroto sebelum saat dilolohkan biar enteng buat ditelan. Pada waktu anakan cucak hijau berumur diatas 7 hari, anda dapat memberikannya kroto yang di campur dengan adonan voer. Anda juga dapat mengimbuhkan multivitamin buat menanggung kepentingan vitamin serta mineral untuk anakan cucak hijau.

    Pada waktu anakan cucak hijau berumur 15 hari ke atas, anda dapat memberikannya pakan berwujud jangkrik yang udah diotong kakinya serta kepalanya dipencet. Semakin tambah baik sekali lagi apabila jangkriknya tengah mabung yang masihlah lembut serta berwarna putih. Apabila anakan udah mulai melompat-lompat didalam box sarang, anda dapat memindahkan anakan cucak hijau itu dalam sangkar gantung. Tapi yakinkan basic sangkar gantung terus di beri landasan bahan yang sama seperti bahan pembuat sarang. Anda juga dapat berikan tangkringan bertingkat biar anakan cucak hijau belajar melompat dari tangkringan paling bawah ke tangkringan di atasnya.

  7. Manajemen indukan cucak hijau

    Nah, sehabis anakan cucak hijau di ambil rata-rata dalam 7-10 hari selanjutnya indukan cucak hijau betina dapat bertelur sekali lagi. Oleh karena itu kasih pakan serta EF yang sama seperti selagi periode kawin (sehabis penjodohan) buat menaikkan birahi serta selekasnya bertelur sekali lagi. Indukan cucak hijau selagi mabung tdk segera rontok segala bulu-bulunya, tapi sedikit-sedikit (nyulam).

    Apabila keadaan fisiknya sehat serta fit jadi indukan cucak hijau dapat terus bereproduksi. Cukup enteng bukan hanya buat beternak burung cucak hijau? Yang tentunya anda tdk bisa putus harapan waktu tidak berhasil atau tdk optimal, tapi coba sekali lagi serta tdk mengulangi kekeliruan. Dikarenakan guru yang paling baik merupakan pengalaman, bukan hanya saat banyak kicau mania?

    Untuk versi video juga bisa dilihat di link ini: klik  Cucak Ijo

Kicau mania, demikianlah info yang sanggup kami berikan terkait CARA PRAKTIS BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR CEPAT BERHASIL. Mudah-mudahan berguna untuk anda semua, serta terima kasih udah membaca artikel ini. Apabila ada kekurangan atau kekeliruan, mohon pencerahannya. 🙂
Pantau terus Jelajah Ilmu supaya dapat update beraneka ragam info terutama tentang dunia budidaya, dan sebagainya. Salam kicau mania!!!

Tags: #cara ternak cucak ijo di rumah #penangkaran cucak ijo jawa tengah #sarang cucak ijo di alam liar #ternak cucak ijo mini #ternak cucak ijo sangkar gantung #video cara ternak cucak ijo

Demikian ulasan mengenai CARA PRAKTIS BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR CEPAT BERHASIL yang dapat sobat baca dan simak di Jelajah Ilmu! Semoga dengan adanya informasi mengenai "CARA PRAKTIS BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR CEPAT BERHASIL" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Jelajah Ilmu unuk mendapakan Berisikan tentang semua ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Leave a reply "CARA PRAKTIS BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR CEPAT BERHASIL"

Author: 
    author