CARA MEMAHAMI DAN MENANGANI PENYAKIT MURAI BATU

17 views

jelajahilmu.com - Hallo kicau mania apakabar? Mudah-mudahan senantiasa diberi kesehatan termasuk juga peliharaan kita yakni murai batu. Murai Batu adalah burung kicau yang sekarang ini banyak digemari oleh kebanyakan orang karna dapat disebutkan jadi peliharaan yang mahal serta eksklusif. Harga murai batu trotolan saja dapat menjangkau juta-an rupiah. Terlebih bila murai batu gacor. Pesona murai batu memanglah tidak ada habisnya hingga beberapa orang yang mulai ambil peruntungan dari beternak burung murai batu. Dengan nada kicauan yang begitu merdu serta style yang nyentrik, buat beberapa orang terkagum dengan memandangnya.

Terdapat banyak type murai batu yang telah kami infokan sekian waktu lalu. Serta saat ini mari kita mulai mengulas untuk mengerti penyakit murai batu yang seringkali menjangkit. Murai Batu yang sakit pastinya juga akan buat burung tidak gacor serta rajin bunyi, karenanya kita mesti senantiasa memonitor serta menjaga murai batu dengan baik serta benar supaya senantiasa sehat serta fit. Terdapat banyak penyakit yang seringkali menjangkit murai batu yang dapat kita hindari lewat cara mengerti apa pemicunya. Serta kami juga akan sharing tips-nya buat anda.

CARA MEMAHAMI DAN MENANGANI PENYAKIT MURAI BATU

MEMAHAMI PENYAKIT MURAI BATU TERLEBIH DAHULU

Penyakit Murai Batu benar-benar sangat berbagai macam serta pasti langkah perlakuannya tidak sama juga. Dalam banyak masalah, murai batu mati sesudah baru beli. Nah kematian ini pasti ada penyebabnya (penyakit) yg tidak kita kenali. Ada sekali lagi murai batu gacor yang mendadak macet bunyi yang pasti buat kita shock. Untuk menangani murai batu yang macet bunyi silahkan anda baca di sini. Kesempatan ini kami juga akan konsentrasi mengulas mengenai empat penyakit yang seringkali menjangkit murai batu yang dapat turunkan performnya, serta bahkan juga berbuntut pada kematian. Bila anda mempunyai murai batu dirumah, jadi telah jadi keharusan anda untuk merawatnya yang benar serta menghindar atau menyembuhkan bila murai batu tengah sakit. Setelah itu mari langung saja kita mengerti sebagian penyakit pada murai batu di bawah ini dengan saksama.

 

Mengerti Penyakit Murai Batu

  1. Murai Batu Pincang

    Masalah penyakit pertama pada Murai Batu adalah kaki pincang atau seringkali mengangkat kaki samping. Ini bukanlah hal lumrah bila murai batu mengangkat samping kakinya di siang hari. Adapun murai batu pincang dapat dikarenakan oleh sebagian aspek. Umpamanya karna luka di kaki, ada bubul/jamur di kaki, kram kaki, tenggeran yang sangat kecil, atau kuku yang sangat panjang. Bagaimana caranya menyembuhkan murai batu pincang? Silahkan anda baca di sini.

  2. Kotoran berlendir serta nafsu makan berkurang

    Burung murai batu yang keluarkan kotoran berlendir umumnya dibarengi dengan tanda-tanda tidak ingin makan, atau nafsu makan yang menyusut. Penyakit ini begitu terkait dengan problem pencernaan murai batu tersebut. Lantas apa penyebabnya dari penyakit ini? Pertama karna kebersihan sangkar yg tidak terjamin. Melindungi kebersihan sangkar murai batu begitu perlu karna sangkar kotor juga akan menyebabkan beragam jenis bakteri, virus, serta penyakit yang juga akan menjangkit murai batu anda. Ke-2 karna stress, umumnya dihadapi oleh murai batu muda tangkapan dari hutan, bisa kalah mental waktu lomba, atau karna masalah hewan predator. Ke-3 karna keracunan minuman dan makanan. Ini dapat berlangsung bila kita memberi pakan (voer/kroto) yang telah berjamur, atau air minum yg tidak bersih.

    Bagaimana cara pemecahannya? Untuk menjaga murai muda yang baru didapat anda dapat membacanya disini. Lalu untuk kebersihan sangkar anda baiknya bersihkan sangkar sehari-hari. Bersihkan kotoran serta sisa-sisa pakannya. Juga ubahlah pakan serta minum sehari-hari sembari mengecek keadaan pakan apakah masih tetap layak mengkonsumsi atau tidak. Bila murai batu mengeluarkan kotoran berlendir serta nafsu makannya menyusut, jadi cepatlah mengubahkannya (dikarantina). Pisahkan dari burung beda serta dirawat di ruang tertutup atau terisolasi serta tenang. Beri multivitamin untuk tingkatkan nafsu makan murai batu.

  3. Murai Batu Serak

    Problem yang seringkali dihadapi oleh murai batu adalah nada serak. Nada serak begitu terkait dengan tenggorokan serta pita nada burung tersebut. Nada serak pada burung tersebut dapat dikarenakan oleh cuaca yang berlebihan, sangat lama dijemur, ada bakteri pada tenggorokan, atau karena menelan serangga liar. Ada cara-cara untuk menangani suara serak.

    Yakni seperti berikut : Upayakan tidak menjemur sangat lama. Bila keadaan cuaca beralih drastis, jadi selekasnya pindahkan ditempat yang aman. Untuk lebih detilnya, buka langkah menyembuhkan nada serak pada murai batu.

  4. Murai Batu Lumpuh

    Berikut penyakit yang begitu ditakuti oleh yang memiliki murai batu, yakni lumpuh. Penyakit ini begitu berbahaya untuk kelanjutan hidup burung mahal ini. Umumnya burung ini lumpuh akan diikuti dengan beberapa gejala seperti berdiri sempoyongan, tidak ingin bergerak (cuma berdiam saja). Penyebabnya dari murai batu yang lumpuh adalah karena kekurangan vitamin B. Oleh sebab itu anda dapat memberi multivitamin yang spesial untuk menyembuhkan lumpuh di Toko Obat serta Pakan Burung terpercaya.

    Para kicau mania, sekilas info yang bisa kami berikan mengenai mengerti penyakit murai batu. Mudah-mudahan berguna untuk anda semuanya. Pantau selalu Informasi tentang burung dan sebagainya untuk memperoleh beragam jenis info penting. Salam kicau mania, mudah-mudahan berhasil!!

    Baca lagi: Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula Secara Lengkap

Tags: #cara mengatasi murai batu kurang fit #cara mengobati murai batu sakit kaki #murai batu gemetaran #murai batu sakit kesehatan #murai batu sakit nafas #murai sakit berak kapur #obat murai batu lemas #obat murai batu mencret

Demikian ulasan mengenai CARA MEMAHAMI DAN MENANGANI PENYAKIT MURAI BATU yang dapat sobat baca dan simak di Jelajah Ilmu! Semoga dengan adanya informasi mengenai "CARA MEMAHAMI DAN MENANGANI PENYAKIT MURAI BATU" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Jelajah Ilmu unuk mendapakan Berisikan tentang semua ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Leave a reply "CARA MEMAHAMI DAN MENANGANI PENYAKIT MURAI BATU"

Author: 
    author