Ada 17 Cara Budidaya Sarang Burung Walet Yang Wajib Anda Ketahui

80 views

jelajahilmu.com - Burung walet yaitu satu type burung yang akan dijaga banyaknya orang lantaran keuntungan yang dibuat dari ternak burung itu cukup tinggi. Sarang burung walet mempunyai nilai jual yang sangatlah tinggi, bahkan juga dapat jadi sumber paling utama untuk memperoleh pemasukan teratur per bln.. Terdapat beberapa pengalaman orang yang alami keberhasilan lantaran beternak dengan burung itu. Pada artikel ini Ada 17 Cara Budidaya Sarang Burung Walet Yang Wajib Anda Ketahui, simak baik-baik ya..

Burung walet sebetulnya yaitu burung pemakan serangga yang sukai terbang secara cepat. Burung itu mempunyai karakter setia, yang tampak dari bagaimanakah kesukaannya selalu untuk pulang ke sarang yang sama tidak perduli sejauh apapun dia pergi mencari makan. Pada tiap-tiap sore hari, bisa di pastikan kalau dia bakal kembali pulang ke aslinya. Lantaran kesukaannya pergi ke mana saja tersebut, burung walet sangatlah susah sebetulnya untuk diternakkan. Oleh karena berikut mungkin saja tak terlampau banyak ternak yang sukses serta pada akhirnya bikin harga sarangnya sangatlah mahal.

 

sarang burung walet

 

Namun apakah ini bermakna sangka tak dapat membudidayakannya sekalipun? Sudah pasti tak. Untuk kamu yang ingin coba beternak burung walet dari pertama, tak ada yg tidak dapat dikerjakan seandainya disertai dengan kesabaran serta ketekunan untuk selalu pelajari hal yang ingin kamu tekuni itu. Sangatlah lumrah jika beberapa peternak pemula sepertimu juga bakal sangatlah kebingungan, apa yang perlu dikerjakan? Dari tempat mana mesti mengawali budidaya burung ternak walet ini? Mujur bagimu lantaran dalam artikel kesempatan ini bakal kita ulas cara-cara beternak burung walet yang dapat kamu kerjakan dengan cara mandiri mulai sejak sekarang ini juga!

Butuh diingat kalau beternak burung walet memerlukan modal yg tidak sedikit, serta oleh karenanya, yakinkan kamu mempunyai tabungan yang cukup banyak untuk dipakai jadi modal sekaligus juga tabungan cadangan untuk penuhi kebutuhanmu keseharian serta jadi antisipasi jika nyatanya modal yang kamu mengeluarkan susah untuk selekasnya balik modal bahkan juga alami kegagalan di dalam jalan.

Baca juga : KENAPA MURAI BATU MACET BUNYI? INI DIA PENYEBAB DAN SOLUSINYA

Lalu bagaimanakah saja cara beternak burung walet tersebut? Apapun yang butuh dikerjakan untuk beternak burung walet? Untuk kamu yang ingin beternak burung walet, di bawah ini cara-cara beternak burung walet yang dapat kamu kerjakan dari mulai saat ini!

1. Bikin sarang untuk burung walet

Langkah awal untuk lakukan ternak burung walet sudah pasti yaitu dengan cara bikin sarang untuk burung walet yang kamu punyai. Rumah burung walet atau sarang atau kandang yang mensupport perubahan burung walet bakal memancing burung walet bikin sarangnya didalam kandang. Oleh oleh karena itu kamu mesti sangatlah jeli dalam bikin rumah yang bakal dipakai untuk tempat beternak burung walet itu.

Ada sejumlah panduan yang dapat kamu pakai untuk bikin rumah dengan baik. Pertama yaitu, kalau tempat yang disenangi oleh burung walet untuk bikin sarangnya sebetulnya sama juga dengan tempat yang disenangi oleh burung sriti. Oleh oleh karena itu, sebagian peternak pemula umumnya membikinkan rumahan untuk burung sriti terlebih dulu lewat cara memakai batu bata yang di cor serupa dengan membuat suatu bangunan rumah dengan meyakinkan keadaan suhu bangunan itu lembab.

Jika dalam rumahan yang kamu bikin ini burung sriti telah mulai bikin sarang, jadi langkah selanjutnya yang dapat kamu kerjakan yaitu ganti telur yang di keluarkan oleh burung sriti dengan burung walet jadi semula pembudidayaan burung walet itu dapat jalan dengan baik. Dengan lakukan hal itu kamu dapat meyakinkan kalau sarang itu bakal disenangi oleh burung walet, dengan cost yang relatif rendah serta dapat ditingkatkan mutunya nantinya jika burung waletmu telah tumbuh serta memanglah ingin bikin sarang ditempat ini.

2. Pembibitan anakan burung walet

Lalu dari tempat mana kamu dapat memperoleh telur burung walet tersebut, jika kamu bahkan juga belumlah mempunyai induk burung walet? Jawabannya yaitu kamu dapat membelinya di pasar burung yang menyiapkan beragam jenis telur burung walet. Pastikan telur burung walet yang berkwalitas. Maupun jika kamu tidak mau ke pasar burung, atau apabila tak ada pasar burung di daerah sekitarmu, kamu dapat membelinya dengan cara on-line. Harga telur burung walet mungkin saja ada di seputar angka dua ratus ribu per tiga puluh buah telur atau mungkin saja dapat lebih atau kurang, bergantung harga jual di semasing daerah.

3. Memberi plat alumunium pada sarang

Jika sarang burung waletmu telah usai dibikin, jadi langkah selanjutnya yaitu memberi plat-plat alumunium pada sarang jadi bentuk modifikasi serta pengembangan sarang kelanjutan yang dapat dipakai untuk menjaga rumah burung walet dengan tambah baik sekali lagi. Hal semacam ini dapat kamu kerjakan sesudah kamu sukses menempatkan sebagian telur burung walet pada sarang yang dibikin oleh burung sriti yang tadi.

Plat alumunium itu dapat kamu tempatkan di beberapa pojok atap. Kenapa plat alumunium? Lantaran umumnya burung walet suka pada plat alumunium untuk bikin sarangnya. Langkah selanjutnya, untuk menempatkan telur mesti kamu kerjakan dengan hati-hati. Manfaatkanlah kotoran burung walet untuk memoleskannya di telur yang kamu bawa serta atau pada perlengkapan tangan yang kamu pakai supaya burung walet tak mengerti kalau kamu yaitu manusia serta berasumsi kamu tetap satu grup dengan dianya.

4. Bersihkan kotoran burung walet

Meskipun kotoran walet ini bernilai dalam perawatan serta ternak burung walet, walau demikian kamu masih mesti membersihkannya kira-kira dalam periode waktu tiga minggu sekali dengan memakai alat sekop hingga bersih. Kotoran itu dapat kamu pakai untuk hal-hal lain seperti pupuk, maupun dipakai untuk melumuri rumahan walet supaya burung waletmu terasa makin nyaman tinggal di situ lantaran terasa mempunyai banyak koloni.

5. Tahu tanda-tanda burung walet

Cara beternak burung walet yang satu itu nampaknya mesti kamu kerjakan mulai sejak awal. Kamu butuh tahu kan bagaimanakah ini memiliki bentuk burung walet? Bagaimanakah dapat kamu beternak burung walet namun tak tahu burung itu? Oleh karenanya kamu butuh tahu apapun tanda-tanda burung walet.

Di bawah ini yaitu beberapa tanda burung walet yang dapat kamu kenali.

  • Sayapnya berupa sabit yang melengkung serta meruncing
  • Warnanya gelap dengan cara utuh, jikalau ada warna lainnya besar kemungkinan porsinya kecil
  • Badannya memiliki ukuran tengah atau kecil tak beda jauh dengan burung gereja
  • Mempunyai kecepatan terbang yang tinggi
  • Kaki serta paruhnya memiliki ukuran sangatlah kecil
  • Burung itu tak dapat jalan dengan kakinya hingga tak sempat hinggap di pohon
  • Walet mempunyai rutinitas berdiam di gua atau rumah yang cukup lembab, remang-remang serta gelap
  • Dengan memakai langit-langit pada tempat itu untuk tempelkan sarang jadi tempat beristirahat serta berbiak.
  • Walet juga mencari makan serangga yang terbang terpenting ketika sore hari atau saat hari telah mulai surup.

Baca juga: CARA PRAKTIS BETERNAK BURUNG CUCAK HIJAU AGAR CEPAT BERHASIL

Lihatlah kalau tanda-tanda diatas tidak sama dari tanda-tanda burung lainnya yang sudah kita ulas dalam cara pilih burung merpati balap, ciri ciri pleci merapi atau ciri burung merpati.

6. Membikinkan satu pintu masuk pada sarangnya

Dalam pembuatan rumahan burung walet, kamu mesti membikinkan satu pintu masuk pada sarang burung walet itu untuk mempermudah bagimu menjaga rumahan itu. Diluar itu, yakinkan ada lubang-lubang hawa yang ditutup dengan kain tidak sering atau kain hitam di tiap-tiap sisinya kira-kira satu mtr. per satu lubang supaya oksigen masih dapat masuk ke dalamnya.

7. Membikinkan jendela diatas sarang

Terkecuali membikinkan satu pintu untuk mempermudah perawatan burung walet, kamu juga butuh membikinkan jendela diatas sarangnya supaya mempermudah walet dalam bernafas serta melindungi aliran hawa didalam gedung itu.

8. Bikin parit keliling di seputar sarang

Dibagian luar sarang, kamu butuh bikin seperti parit yang melingkari sarang burung walet jadi media untuk minum burung walet serta untuk mencegah semut serta hewan lainnya untuk mengganggu burung walet yang kamu memelihara itu. Dengan hal tersebut kamu dapat melindungi supaya burung walet yang kamu memelihara terhidrasi dengan baik juga aman dari masalah hewan-hewan yang lainnya.

9. Menempatkan speaker kecil

Langkah tersebut agak unik serta mungkin saja untuk beberapa pemula terdengar sedikit aneh. Walau demikian langkah tersebut dapat kamu pakai untuk bikin sarang serta rumahan walet yang kamu memelihara dapat memiliki nuansa habitat aslinya. Bagaimanakah dapat demikian? Kuncinya yaitu bikin nada dari speaker kecil itu seperti burung walet asli. Kamu cuma butuh memutarkan kaset atau mungkin saja audio burung walet dari speaker itu selama seharian hingga burung walet yang kamu memelihara terasa kalau dia ada di habitat yang asli serta menarik kawanan walet yang lainnya.

10. Pilih sarang gedung ditempat yang sepi

Dalam penentuan tempat untuk bikin rumahan walet, baiknya kamu menempatkannya jauh dari nada bising atau lingkungan yang terlampau lama lantaran jika lingkungan bising, burung walet dapat tak kerasan serta justru pada akhirnya pergi serta mencari sarang serta kandang yang lainnya. Diluar itu, yakinkan juga kalau sesudah gedung itu usai dibikin, atau direvonasi, berikan kotoran walet yang digabung dengan air di seputar gedung itu serta didalam gedung itu untuk bikin gedung berbau seperti burung walet hingga burung walet jadi tertarik untuk diam di dalamnya.

gedung sarang burung walet

 

Anda Juga bisa simak video dibawah ini..

 

Adapun Cara Yang lain yaitu 11 sampai dengan 17

Terkecuali sepuluh langkah diatas, kamu jgua dapat lakukan cara-cara beternak burung walet berikut ini supaya makin mantep. Di bawah ini berapakah cara ternak burung walet yang lainnya.

11. Jadikan sarang berbau walet dengan memoleskan kotoran walet
12. Tentukan sarang yang dekat dengan sumber makanan walet alami
13. Ganti air pada parit serta klaim air dengan cara rutin
14. Memanen dengan tehnik tetasan (pengambilan setelah telur menetas atau anak telah dewasa)
15. Memanen dengan tehnik panen buang telur (pengambilan dengan membuang telur)
16. Memanen dengan tehnik panen rampasan (pengambilan saat sebelum bertelur)
17. Melindungi suhu kandang supaya stabil

Tersebut cara-cara beternak burung walet yang dapat kita ulas dalam artikel kesempatan ini. Mudah-mudahan dengan cara-cara diatas kamu dapat beternak burung walet dengan sukses ya. Selamat beternak burung walet! Good Luck yaaa....

Tags: #cara budidaya sarang burung walet #cara budidaya sarang burung walet rumahan #cara sukses budidaya sarang burung walet #teknik budidaya sarang burung walet

Demikian ulasan mengenai Ada 17 Cara Budidaya Sarang Burung Walet Yang Wajib Anda Ketahui yang dapat sobat baca dan simak di Jelajah Ilmu! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Ada 17 Cara Budidaya Sarang Burung Walet Yang Wajib Anda Ketahui" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website Jelajah Ilmu unuk mendapakan Berisikan tentang semua ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Leave a reply "Ada 17 Cara Budidaya Sarang Burung Walet Yang Wajib Anda Ketahui"

Author: 
    author